14 Maret 2012

Sekilas GUI JAVA

Pengertian Java GUI adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan komponen-komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut. 
Macam-macam GUI :

1. AWT (Abstract Window Toolkit) – SUN Microsystem -> Oracle Product


AWT (Abstract Window Toolkit) ini adalah GUI Toolkit pertama pada bahasa pemrograman Java, sayang-nya AWT ini sangat-sangat kekurangan komponen yang biasa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi desktop secara lengkap (komponen tabel saja tidak ada ) Terlepas dari kurang-nya komponen GUI yang terdapat pada AWT (Abstract Window Toolkit), aplikasi yang dibangun menggunakan AWT (AbstractWindow Toolkit) akan tampak seperti aplikasi native. Maksudnya yaitu, jika aplikasi yang dibangun 
menggunakan AWT (Abstract Window Toolkit) ini dijalankan pada Sistem Operasi Windows. Maka aplikasi ini akan terlihat seperti aplikasi Windows pada umum-nya, dan begitu juga jika dijalankan pada Sistem Operasi Mac ataupun GNU/Linux. Kenapa ini bisa terjadi, karena AWT (Abstract Window Toolkit) ini benar-benar memanggil native subrutin untuk menggambar setiap komponen-nya ke layar.

2. SWT (Standart Widget Tookit) – IBM Product -> Eclipse Foundation

SWT (Standart Widget Toolkit) ini adalah sebuah GUI Toolkit yang dikeluaran oleh IBM sebagai alternatif dari AWT/Java Swing milik SUN Microsystem, yang membedakan antara SWT (Standart Widget Toolkit) dan AWT/Java Swing adalah SWT ini benar-benar mengakses native GUI library yang terdapat pada Sistem Operasi melalui JNI (Java Native Interface). Dengan model seperti ini, memungkinkan tampilan aplikasi yang dibangun menggunakan GUI Toolkit SWT menjadi sama persis dengan aplikasi native lain-nya. Kekurangan dari model pemanggilan native GUI library seperti ini adalah kita harus menyediakan library untuk tiap-tiap Sistem Operasi target aplikasi kita.

3. QtJambi – Trolltech -> Nokia Product -> Stopped and Taken By Community

Pernah menggunakan Desktop Environment KDE ? Ingin membuat aplikasi yang tampilan-nya mirip denganKDE ? Kalau teman-teman ingin membangun aplikasi yang tampilan-nya tampak seperti aplikasi yang terdapat pada KDE tapi masih ingin menggunakan bahasa java sebagai dasar-nya, maka QtJambi adalah pilihan yang tepat untuk teman-teman. Karena QtJambi ini merupakan binding Qt Framework dengan bahasa Java, tetapi sayang-nya proyek QtJambi sudah tidak disupport oleh Nokia dan secara resmi telah ditutup Untung-nya, awal tahun ini ada beberapa developer yang peduli dengan kelangsungan proyek ini dan akhir-nya membuat sebuah komunitas untuk melanjutkan pengembangan proyek QtJambi, sekarang teman-teman bisa melihat perkembangan proyek QtJambi ini pada halaman QtJambi Community.

4. avaGNOME – Community Product

Kalau QtJambi diatas ditujukan untuk teman-teman yang sudah akrab dengan API (Application Programming Interface) Qt Framework, berbeda dengan JavaGNOME Proyek ini lebih dikhususkan untuk teman-teman pecinta GTK atau yang paling banyak dikenal yaitu GNOMESama seperti GUI Toolkit SWT dan QTJambi, JavaGNOME ini juga mengakses native library tetapi API yang digunakan adalah API dari GTK. Untuk teman-teman yang sudah terbiasa membangun aplikasi menggunakan Glade, maka teman-teman bisa men-design form-nya menggunakan Glade dan memanggil-nya menggunakan bahasa java melalui JavaGNOME. 





Ini merupakan Contoh dalam membangun sebuah Java GUI Silahkan di coba...
jangan lupa di save syntax di bawah dengan nama "myFirstGUI.java"
Semoga bermanfaat Lo.. Kurang bisa di mengerti bisa Comment di bawah..

//pemanggilan library yg diperlukan
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;
import javax.swing.JButton;
import javax.swing.JTextField;
import javax.swing.JLabel;
//kelima import di atas bisa diganti dg satu baris import menggunakan
//import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;

public class myFirstGUI extends JFrame implements ActionListener { //deklarasi class dengan
//menuruni sifat dari JFrame dengan meng-implements suatu Action
public myFirstGUI(){
super("Frame PertamaKu"); //memberi judul frame
setSize(500, 400); //ukuran frame
panel1.setLayout(null);
//peletakan Objek-objek
lbl1.setBounds(100, 100, 75, 25); //( posisiX, posisiY, panjang, lebar)
txt1.setBounds(180, 100, 150, 25);
btn1.setBounds(200, 150, 75, 25);
lblnama1.setBounds(50, 200, 400, 100);

//mengatur Font pada Label Nama
lblnama1.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 32));

//menempelkan Objek pada Panel
panel1.add(lbl1);
panel1.add(txt1);
panel1.add(btn1);
panel1.add(lblnama1);

//menempelkan Panel pada Frame
getContentPane().add(panel1);

//membuat Frame menjadi terlihat / ditampilkan
setVisible(true);

//menambahkan action pada Button
btn1.addActionListener(this);
}

//action
public void actionPerformed(ActionEvent e){
if(e.getSource() == btn1){ //jika action terjadi pada btn1 ( button clicked )
lblnama1.setText(txt1.getText()); //mengambil nilai String dari txt1 kemudian

//di kirimkan ke lblnama1
txt1.setText(""); //mengosongkan String pada txt1
}
}

public static void main(String[] args){ //main method
new myFirstGUI(); //memanggil constructor myFirstGUI()
}

//deklarasi Objek yg akan digunakan
private JPanel panel1 = new JPanel();
private JTextField txt1 = new JTextField();
private JLabel lbl1 = new JLabel("Nama Anda :"),
lblnama1 = new JLabel();
private JButton btn1 = new JButton("OK");

}

Sumber: http://id.shvoong.com/how-to/computers-and-internet/2090051-build-java-gui-membangun-java/#ixzz1p4x7RWKS
 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar